Tuesday, November 21, 2017

Pentingnya Suatu Aturan dalam Trading

Aturan main dalam trader harus dibuat oleh Trader itu sendiri dengan tujuan mendisiplinkan diri agar dapat membatasi diri untuk tidak masuk pasar berkali-kali disaat yang tidak menentu dan saat yang tidak berguna untuk mendapatkan posisi dengan tingkat keberhasilan yang lebih baik.

Beberapa aturan penting yang harus dimilik bisa saja seperti hal berikut:

  • Hanya boleh trading dengan resiko 1% dari saldo
  • Hanya masuk pasar jika ada alsan yang tepat, bukan hanya karena ingin trading dan hanya ingin mendapatkan penghasilan
  • Keluar dari pasar jika kondisi pasar tidak menentu
  • Hanya buy/sell pada kondisi tertentu
  • dan lain-lain
Trading yang baik dilakukan berdasarkan Plan atau Rencana yang telah dibuat berdasarkan analisa dan pertimbangan yang mantap.


Pentingnya sebuah rencana

Diberbagai hal, baik itu kehidupan, pekerjaan, belajar dan kegiatan apapun manusia membutuhkan suatu rencana, termasuk dalam berkarir. Begitu pula dalam dunia trading, untuk berhasil dalam trading sudah pasti harus merencanakan terlebih dahulu. Perjalanan seorang trader sudah pasti dimulai dari edukasi sehingga akan sampai pada level Plan and execution, yaitu merencanakan dan mengeksekusi rencana tersebut.

Trading adalah membuat rencana Trading (biasa disebut Trading Plan) kemudian mengeksekusi, membuat rencana trading lagi dan mengeksekusinya lagi, begitu seterusnya. Pada saat rugi Trader harus juga membuat rencana trading lainya, berpikir secara jenih, bukan membuat rencana dengan tujuan membalas kekalahan atau menebus kerugian. Pada kenyataanya sering kali para Trader yang kalah menjadi kehilangan semangat dan berhenti trading, pada saat itulah trader menjadi trader yang benar benar kalah.


Menerima Kekalahan

Tidak ada strategy yang sempurna, sekalipun strategy terbaik di dunia. Kekalahan tidak dapat dihindari. Menerima kekalahan ketika pasar tidak bergerak sesuai keinginan kita dan kita harus mengakui bahwa pasar tidak pernah salah, trader tidak dapat melawan pasar.

Strategy terbaik didunia mungkin memberikan 70%-75% kesuksesan. Setiap 100 kali transaksi kemungkinan 25 posisi adalah posisi kalah. Agar tetap dapat dalam kondisi seperti itu Trader harus dapat mengendalikan emosi ketika mengalami kerugian, dalam keadaa seperti ini biasanya trader cenderung emosi dan berusahan untuk memenangkan kembali. Trader profesional akan mengakui kesalah tersebut tidak dapat dihindari.

Kendalikanlah Emosi ketika trading berlangsung


Money Management

Yang terpenting adalah trading dengan menggunakan Money Management. Gambaranya adalah sebagai berikut; jika kerugian mencapai 20% atau lebih maka untuk mengembalikan modal trader membutuhkan Profit 25% dari saldo yang tersisa. Oleh karena itu jagalah trading dengan Draw Down sekecil kecilnya, yang penting trader masih survive di market. Jika trader tidak memiliki saldo lagi maka permainan pun telah berakhir.

Money management memperhitungkan dan mempertimbangkan Risk and Reward dalam trading. Risk and Reward ratio adalah perbandingan antara untung dan rugi yaitu perbandingan antara stop loss dan take profit, besarnya Risk and Reward Ratio tergantung dari Risk profile Trader, ada Tradr yang high risk taking ada pula yang save player.




No comments:

Post a Comment

Entry Point

Strategy Entry

Strategy #1 Memanfaatkan Trend Line , hanya dengan memanfaatkan Trend line saja kita sudah dapat trading dan menghasilkan Profit, ...

My Post